cara efektif mengajar anak tk agar tidak bosan

97 views
Pernahkah kita berpikir bahwa mengajar dan mendidik anak itu sebenarnya cukup mudah dan gampang diterapkan. melihat persoalan ini, mungkin banyak diantara kita sebagai orang tua atau guru merasa kerepotan jika ingin mengajar anak tk atau anak-anak kita. Baiklah… dibawah ini akan kami berikan informasi tentang cara efektif mengajar anak tk agar tidak bosan yang patut kita terapkan.
cara efektif mengajar anak tk agar tidak bosan

cara efektif mengajar anak tk agar tidak bosan

Lagu
Bagaimana rasa kalian kala mendengarkan suatu syair atau puisi yg dibacakan dengan nada datar dan yg dibacakan dengan ber irama atau dinyanyikan ? Tentu saja kita akan menjawab bahwa puisi dengan nada datar lebih membuat orang mengantuk dan ngga perduli, dibandingkan dengan puisi yg dinyanyikan. 
Begitu juga halnya anak anak, mereka akan suntuk dan rewel jika kita mengajar dengan membosankan, Sesering mungkin gunakan lagu untuk mengajar, atau jika perlu tambah gerakan gerakan sederhana dalam nyanyian itu, yg pastinya akan membuat para murid bergembira dan senang kembali. Banyak lagu lagu yg dapat dinyanikan di TK, seperti lagu gubahan islami bagi TK islam, atau lagu lagu yg enak didengar bagi anak TK itu sendiri.
 
Jadikan Mereka Teman
Mungkin banyak anak anak yg punya sedikit teman atau kurang dapat bersosialisasi di TK itu, maka ajaklah anak itu untuk mengobrol, supaya hormat dan sayangnya timbul untuk kamu para guru. Ketika rasa sayang mereka muncul, mereka ga akan rewel dan pasti menuruti semua perintahmu dengan hati yg Lapang.

Menjadikan Murid sebagai teman sebenarnya ialah kunci membuat murid itu menjadi pintar. Contohnya saja banyak universitas Luar negeri bertaraf internasional yg memperlakukan murid murid mereka sebagai teman, supaya aktifitas ajar mengajar tidak terhambat .

Baca juga:  contoh daftar riwayat hidup yang baik dan benar

Belajar Ke Luar Kelas
Mungkin di dalam kelas panas dan pemandangannya itu itu saja, dan tidak ada yg menarik. Coba sekali kali ajak para murid keluar kelas menikmati indahnya awan, kemudian ajak mereka melakukan kegiatan kegiatan kecil, seperti mengamati awan dan apa yg mereka fikirkan tentang awan. Metode ini ialah metode mengamati dan berfikir, jadi mereka dapat mengasah cara berfikir mereka dan yg pastinya sudah dibantu oleh para guru.

Metode Sosiodrama
Pernah lihat film upin ipin episode yg berperan sebagai ‘ serigala dan penggembala’ ? . Kalau sobat pernah melihat, itulah yg dinamakan dengan sosiodrama. Cara mengajar dengan cara ini ialah membuat para murid untuk berperan menjadi seseorang . Kita dapat juga membuat mereka menirukan suara ayam, atau menirukan gerakannya, dan usai itu teman temannya yg menebak hewan apakah itu ? . Hal ini bertujuan supaya para Murid Tk menjadi lebih tanggap terhadap sesuatu, dan pastinya supaya pelajaran lebih menyenangkan dan tidak menjadi membosankan.
Ajarkan Mereka Agama
Ajarkan mereka siapa tuhan mereka, dan dasar dasar agama, biasanya anak jika diajarkan tentang agama, yg boleh dilakukan dan tak boleh dilakukan. Mereka akan menuruti. Dan jika mereka terus membangkang, beri tau saja apa ancaman tuhan bagi yg melakukan perbuatan itu. Hal ini mungkin kelihatan bodoh. Tetapi ini ialah salah satu cara yg mungkin sangat membekas di Hati anak anak. 
Mengajukan Pertanyaan
Buat Para anak paud itu ikut dalam pembelajaran, tanya mereka tentang penjelasan yg telah kita buat secara sederhana. contohnya Seperti huruf apa ini anak anak? Huruf A ibuu’ Mereka akan menjawab dengan semangat sebab merasa dipedulikan di dalam kelas. Jika kita terus yg berbicaara tanpa jeda, mereka bakalan punya kegiatan sendiri sendiri.

Baca juga:  Pengertian Informasi

Puji Mereka
usai mengajukan pertanyaan yg menurut kita sangat mudah itu, Puji mereka atas apa yg mereka Lakukan, seperti ‘ih.. pinter’ . Memang terlihat sedikit memalukan dan berlawanan dengan diri kita sendiri (psikologis) . Tetapi jika kita menilai diri kita sendiri, Apakah kita suka pujian? Hampir semua orang menjawab iya, termasuk juga para anak anak murid TK dan paud itu.’

Metode Demonstrasi
Tujuan Metode Demonstrasi ialah mencontohkan sesuatu teori yg sulit dijelaskan dengan kata kata. Misalnya menanam pohon, menari, meniup balon, menggosok gigi dan lain lain. Metode ini ditujukan supaya anak itu menjadi aktif dan tidak bosan ketika berada di Kelas.

Bermain sambil belajar
Bermain sambil belajar contohnya seperti menggambar objek yg sesuai dengan pelajaran. Atau membuat dan mengulangi huruf alphabet di buku gambar mereka dan diwarnai. Hal ini membuat mereka sangat tertarik , sebab mewarnai umumnya sangat disukai oleh para anak anak. Terlebih lagi mereka dapat melihat berulang kali apa yg mereka gambar, sehingga memudahkan mereka untuk mengingat.
 

Metode Hadiah
Coba beli coklat atau permen yg murah saja , dan tidak perlu yg mahal. Atau mobil mobilan seharga 2 ribu. Kemudian buat kuis, siapa yg dapat jawab. usai usai menggunakan metode ini, berikan mereka hadiah hadiah itu .Hal ini dapat memotivasi murid TK supaya lebih giat untuk belajar dan pantang menyerah.

Metode Memberikan Tugas
Tugas dan pekerjaan rumah memang menjadi salah satu cara untuk mengetahui seberapa jauh para murid TK mengerti dan memahami apa yg kita sampaikan. Jika mereka kurang mengerti, tidak ada salahnya untuk mengulangnya lagi, terlebih lebih mengulanginya dengan Nyanyian seperti poin pertama tadi.

banner 300x280