Pengertian Filsafat Hukum

90 views
Banyak sekali cabang ilmu filsafat yang bisa dipelajari, salah satunya adalah filsafat hukum. Pelajaran tentang filsafat hukum berhubungan dengan penjelasan tentang apa hakekat hukum, apa yang menjadi tujuan hukum, alasan yang mendasarinya hingga muncul hukum, serta apa yang melatarbelakangi orang untuk taat kepada hukum. Semua penjelasan tentang semua aspek hukum tersebut dipelajari dari cabang ilmu filsafat hukum ini. Untuk awalnya, mari kita bahas tentang definisi filsafat berdasarkan terminologi dan etimologi.
Pengertian Filsafat Hukum

Pengertian Filsafat Hukum

Filsafat Hukum Secara Terminologi

Secara bahasa, filsafat berasal dari bahasa Yunani yaitu Philosophya, yang berasal dari dua suku kata, yaitu Philein yang berarti cinta dan Sophos yang berarti kebijaksanaan. Saat digabungkan kedua akar kata tersebut memberikan pengertian bahwa “manusia harus bisa berperan dengan kebijaksanaan dan cinta”. Jadi, pengertian filsafat hukum secara termonologi adalah pelaksanaan hukum dengan penuh cinta dan kebijaksanaan.

Filsafat Hukum Secara Etimologi

Sesuai sejarah filsafat hukum yang muncul, banyak sekali pendapat yang mengemukakan tentang arti filsafat hukum secara istilah atau etimologi, antara lain :
  • Soetikno;  filsafat hukum adalah sebuah pencarian akan hakikat hukum, apa yang ada di belakang hukum, apa yang tersembunyi dalam hukum, apa sajakah kaidah kaidah hukum yang dijadikan pertimbangan nilai, bagaimana hukum memberikan penilaian, apa dasar dasar hukum, hingga apa yang menjadi akar akar hukum.
  • Satjipto Raharjo;  filsafat hukum adalah berbagai pertanyaan dasar dari hukum, pertanyaan tentang hakikatnya, serta tentang kekuatannya dalam mengikat dan mengatur manusia.
  • Purnadi Purbacaraka dan Soerjono Soekanto;  filsafat hukum adalah sebuah perenungan serta perumusan atas nilai nilai, penyelarasan nilai nilai seperti ketertiban dengan ketentraman, akhlak dan kebendaan, konservatisme dan kelanggengan.
  • Lili Rasjidi;  filsafat hukum adalah hal yang membuat dunia menjadi etis, sebuah normative yang tertuang dalam ilmu politik hukum dan pencarian cita hukum.
Baca juga:  Pengertian Internet – Jelaskan Apa yang dimaksud dengan Internet ?

Ada banyak sekali aliran aliran dalam filsafat hukum, hal ini terjadi karena dasarnya pun berbeda bergantung dengan pandangan dan penilaian tokoh yang memberikan definisi dan pendapat tentang filsafat hukum.
Semoga informasi tentang apa pengertian filsafat hukum ini bisa memberikan gambaran kepada Anda tentangnya. Semoga bermanfaat.

banner 300x280