Pengertian Hard Disk

116 views
Kalau Anda adalah seorang pengguna komputer atau orang yang sehari hari bekerja menggunakan perangkat komputer atau laptop, pasti sudah tidak kenal dengan istilah hard disk! Namun, sekalipun Anda sering menggunakan dan mengucapkannya, banyak yang tidak tahu apa sebenarnya hard disk itu, dan bagaimana cara kerjanya sehingga bisa bermanfaat untuk menyimpan data yang dibutuhkan. Sebagai pelengkap keilmuan, maka akan saya jabarkan tentang hardware yang satu ini! Secara umum, hard disk adalah “sebuah piranti penyimpanan sekunder, dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar dan terintegrasi.”
Pengertian Hard Disk

Pengertian Hard Disk

Itulah pengertian hard disk secara umum. Untuk sistem kerjanya, data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track, dan track dibagi lagi ke dalam beberapa segment yang disebut dengan sector, dalam sistemnya tiap piringan dipasangi head yang berfungsi untuk mencari sector yang diinginkan, sehingga kita bisa mencari data yang diinginkna dengan mudah dan dalam waktu yang sangat cepat. Teknologi ini jauh lebih canggih dibandingkan dengan teknologi zaman dulu seperti disket.
Dan menurut perkembangannya, hard disk memiliki peningkatan yang sangat pesat dari waktu ke waktu, terbukti dengan hadirnya berbagai jenis hard disk yang bisa kita gunakan sesuai kebutuhan dan keperluan kita, antara lain :
1. Dist ATA (IEDE), Jenis hard disk yang satu ini menggunakan tipe Enchanced Integrated Drive Electronic atau Advanced Technology Attachment yang sangat sesuai dengan untuk tujuan koneksi ke bus. Kelebihan jenis hard disk ini adalah bisa disambungkan ke perangkat komputer dengan mudah, harga yang lebih murah dan berbagai keuntungan lainnya. Sedangkan kekurangannya adalah diperlukan kontroler yang terpisah untuk tiap drive.
2. Disk SCSI, yaitu sebuah jenis hard disk yang desainnya memang dibuat untuk dikoneksikan dengan bus SCSI standar. Harga hard disk jenis ini memang cukup mahal karena banyak kelebihan yang dimilikinya, seperti akses yang bisa dilaukukan ke banyak disk drive.
3. Disk RAID, fungsi hard disk jenis ini bisa memberikan performa dan fungsi yang luar biasa dalam penyimpanan yang besar dan kinerja yang handal. Jenis ini sangat cocok digunakan untuk komputer yang membutuhkan performa tinggi atau juga dalam sistem yang membutuhkan kehandalan tingkat tinggi.
4. Disk SATA, jenis Serial Advanced Technology Attachment ini adalah interface disk ATA yang bisa memberikan kecepatan pengiriman data dengan sangat cepat dan bisa mengurangi latensi.
5. SATA, inilah jenis hard disk yang banyak digunakan sebagai eksternal. Untuk mengkoneksikan dengan PC atau laptop sangat mudah sekali. Cukup dengan menyambungkannya secara langsung ke konektor USB di PC, maka HD ini bisa langsung digunakan. Harga hard disk eksternal ini bervariasi sesuai dengan kapasitan penyimpanan dan sistem kerjanya.
Demikian penjelasan mengenai pengertian hard disk dan beberapa jenisnya. Semoga bermanfaat.

Baca juga:  Coloring Page
banner 300x280